Cerca nel blog

sabato 1 ottobre 2016

Masuklah dalam dirimu




 Doa pengakuan St. Agustinus yang diringkas dan disadur oleh Sipke van der Land, “Masuklah Dalam Hatiku” (hal. 15):
 
Bagaimanakah aku dapat menemukan
ketenangan di dalam Engkau?
Bagaimanakah Engkau dapat masuk dalam hatiku dan memenuhinya dengan kebahagiaan?
Aku ingin melepaskan yang jahat
dan memperoleh yang baik.
Kasihanilah aku
dan berikanlah aku kata-kata yang tepat.
Engkau menghendaki agar aku mencintai Dikau,
tetapi sebenarnya aku tidak pantas.
Dan jika aku tidak mencintai Dikau,
Engkau akan marah, lalu aku terancam.
Aku tidak boleh memikirkan hal itu.

Ya Allah,
Engkau yang begitu berbelaskasih,
apakah gerangan Kaukehendaki dari padaku?
Bolehkah Engkau menjadi keselamatanku?
Aku ingin mendengar jawaban-Mu.
Hatiku mendengarkan Dikau
dan rindu akan Sabda-Mu: Akulah keselamatanmu.
Aku mau menahan Engkau teguh-teguh,
Walaupun aku harus mati untuk menemukan
kehidupan.
Rumah kediaman jiwaku terlalu sempit bagi-Mu;
maukah Engkau membuatnya lebih luas?
Keadaannya begitu rusak;
maukah Engkau membaharuinya?
Di dalam diriku terdapat hal-hal
yang tak patut dalam pandangan-Mu,
akan tetapi siapa gerangan selain Engkau
yang mau mengampuni kejahatan-kejahatanku?
Sudilah menyucikan aku.

Aku percaya, maka dari sebab itu aku berbicara demikian.
Ya Allah, Engkau mengetahuinya.
Aku telah mengakui dosaku kepada-Mu.
Bukankah Engkau telah mengampuninya?
Aku tidak mau menyembunyikan sesuatu di hadapan-Mu.
Aku tidak mau menipu diriku.
Sebab, jika Engkau memperhitungkan dosa-dosaku,
maka aku sama sekali tidak berguna bagi-Mu,
ya Allah

Nessun commento:

Posta un commento